KOMPETENSI GURU MAPEL DI SMALB


KOMPETENSI INTI

SETIAP GURU MATA PELAJARAN  SMALB

 

1. Kompetensi Guru Pendidikan Agama

1.1 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

−  Menginterpretasikan materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam

−  Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam

−  Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

1.2 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen

− Menginterpretasikan materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang  relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

− Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

− Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

2.    Kompetensi Guru mata pelajaran Seni Budaya pada SMALB

− Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan

− Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya

− Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

 

3. Kompetensi Guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada SMALB

− Memahami konsep dan prinsip penyelenggaraan pendidikan jasmani adaptif

− Mampu melakukan asesmen untuk keperluan pembelajaran

− Mampu merencanakan program rekreasi dan pendidikan jasmani adaptif

− Mampu melaksanakan program rekreasi dan pendidikan jasmani adaptif

− Mampu mengevaluasi program rekreasi dan pendidikan jasmani adaptif

− Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

4. Kompetensi Guru mata pelajaran PKn pada SMALB

− Memahami materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

− Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), nilai dan sikap kewarganegaraan (civic disposition), dan ketrampilan kewarganegaraan (civic skills)

−   Menunjukkan manfaat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan

−  Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

 

5. Kompetensi Guru mata pelajaran Matematika pada SMALB

−  Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan

−   Menggunakan pengukuran dan penaksiran

−   Menggunakan logika matematika

−   Menggunakan konsep-konsep geometri

−   Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang

−   Menggunakan pola dan fungsi

−   Menggunakan konsep-konsep aljabar

−  Menggunakan konsep-konsep kalkulus dan geometri analitik

−  Menggunakan konsep dan proses matematika diskrit

−  Menggunakan trigonometri

−  Menggunakan vektor dan matriks

−  Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika

− Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika

− Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

 

6. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada SMALB

−   Mengoperasikan komputer personal dan periferalnya

− Merakit, menginstalasi, men-setup, memelihara dan melacak serta memecahkan masalah (troubleshooting) pada komputer personal

– Melakukan pemrograman komputer dengan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek

−    Mengolah kata (word processing) dengan komputer personal

−    Mengolah lembar kerja (spreadsheet) dan grafik dengan komputer personal

−   Mengelola pangkalan data (data base) dengan komputer personal atau komputer server

−  Membuat presentasi interaktif yang memenuhi kaidah komunikasi visual dan interpersonal

−   Membuat media grafis dengan menggunakan perangkat lunak publikasi

−   Membuat dan memelihara jaringan komputer (kabel dan nirkabel)

−   Membuat dan memelihara situs laman (web)

−   Menggunakan sarana telekomunikasi (telephone, mobilephone, faximile)

–  Membuat dan menggunakan media komunikasi, termasuk pemrosesan gambar, audio dan video

−  Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam disiplin atau materi pembelajaran lain dan sebagai media komunikasi

−   Mendesain dan mengelola lingkungan pembelajaran/sumber daya dengan memperhatikan standar kesehatan dan keselamatan

− Mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak pendukung pembelajaran

−  Memahami EULA (End User Licence Agreement) dan keterbatasan serta keluasan penggunaan perangkat lunak secara legal

−  Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

 

7. Kompetensi Guru mata pelajaran IPA pada SMALB

− Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel

−   Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam

−   Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam

−  Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi

−  Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum alam sederhana

−  Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPA untuk menjelaskan berbagai fenomena alam

−  Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

−   Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah

−   Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA

−  Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium IPA sekolah

−   Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunak komputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium.

−   Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaran atau penelitian

−    Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar

−  Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut

−  Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

8. Kompetensi Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada SMALB

−  Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global

−   Membedakan struktur keilmuan IPS dengan Ilmu-ilmu Sosial

−   Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS

−   Menunjukkan manfaat mata pelajaran IPS

−   Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

 

9. Kompetensi Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia pada SMALB

−  Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa

−    Memahami hakekat bahasa dan pemerolehan bahasa

−    Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia

−  Menguasai kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

−   Memahami teori dan genre sastra Indonesia

−   Mengapresiasi karya sastra secara reseptif dan produktif

−   Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

10.    Kompetensi Guru mata pelajaran Bahasa Inggris pada  SMALB

−  Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam bahasa Inggris (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis)

−   Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis)

−   Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

11.     Kompetensi guru mata pelajaran Keterampilan Vokasional SMALB

–    Memiliki keahlian satu atau lebih jenis keterampilan vokasional

–  Terampil mengajarkan satu atau lebih jenis keterampilan vokasional kepada peserta didik

–   Menguasai jenis-jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus serta dasar-dasar dan prinsip-prinsip pendidikan khusus

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 20 Juni 2008

MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

TTD

BAMBANG SUDIBYO

Salinan sesuai dengan aslinya

Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional

Kepala Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dan Bantuan Hukum I,

Muslikh,S.H.

NIP. 131479478

35

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s