SELAMAT DATANG


 

SELAMAT  DATANG  DI  DUNIA  PENDIDIKAN  KHUSUS

Seiring perjalanan waktu pengelolaan dan pembinaan Pendidikan Khusus di Provinsi Jawa Tengah  semakin hari menunjukan jati dirinya. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di awal tahun 2000 berdasarkan PP No. 25 Tahun 2000 menimang dunia Pendidikan Khusus dengan menyelenggarakan pembinaan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melalui Sub Dinas Pendidikan Luar Biasa ( Sub Din PLB) , dan Balai Pengembangan Pendidikan Khusus (BP Diksus).  Sub Dinas Pendidikan Luar Biasa ( Sub Din PLB) di bawah pimpinan  Bapak Sutikno (Alm) dan BP Diksus dipimpin oleh Bapak Suhardi  yang dilanjutkan oleh Ibu Susnadati. Pada waktu itu sebagai motor penggeraknya Subdin PLB  adalah Bapak Tri Handoyo, Bapak Mulyono, dan Bapak Misbah. Sementara BP Diksus (saat itu) dimotori oleh Bapak Supomo.

Selepas berlakunya  PP No. 25 Tahun 2000 dan digantikan dengan PP No. 38 tahun 2007 , keberadaan  sedikit bergesar. Akhirnya kondisi terakhir  Subdin PLB di likuidasi dan selanjutnya urusan PLB/Pendidikan Khusus ditangani oleh masing-masing bidang. Urusan SDLB dan SMPLB oleh Bidang Pendidikan Dasar dan urusan SMALB oleh Bidang Pendidikan Menengah. Secara organisasi adalah sesuai dengan keberadaan Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) yang berada di masing-masing Direktorat Jendral di Kemendikbud RI.

Sejalan dengan berakhirnya masa tugas Ibu Dr. Susnadati,M.Pd sebagai Kepala BP Diksus,  maka beberapa hari yang lalu tepatnya  hari Selasa tanggal 2 Oktober 2012 telah dilantik secara resmi Kepala BP DIKSUS Provinsi Jawa Tengah yang baru yaitu Bapak     Drs. PONIDI,MM.  Beliau sebelumnya adalah Kepala BP DIKJUR Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Meskipun beliau bukan dari dunia pendidikan khusus, namun  semua yakin bahwa dengan pengalaman beliau di BP DIKJUR Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah akan mampu mengantarkan  dunia pendidikan khusus menuju kondisi yang setara dengan dunia pendidikan pada umumnya.

Selamat datang di dunia Pendidikan Khusus, semoga Yth. Drs.PONIDI,MM  sebagai Kepala BP DIKSUS Provinsi Jawa Tengah yang baru ke depan mampu mengemban tugas  mengembangkan   SLB, SDLB, SMPLB dan SMALB di Provinsi Jawa Tengah dengan segala keunikannya.  Satu hal yang perlu kita maklumi adalah keberadaan dunia pendidikan khusus di Provinsi Jawa Tengah masih membutuhkan kebijakan yang bijaksana, mengingat jumlah satuan pendidikannya cenderung lebih dominan yang diselenggarakan oleh masyarakat atas dasar pengabdian sosial dan/atau keagamaan. Keberadaan satuan pendidikan milik Pemerintah hanya sebagian kecil saja.

Oleh karena itu di tangan Bapak Kepala BP Diksus yang baru kami berharap perbedaan dunia Pendidikan Kejuruan dengan dunia Pendidikan Khusus merupakan bagian anugrah dari-Nya yang perlu kita syukuri dan kita nikmat. Marilah kita  renungkan sejenak  wejangan  Ibu saya (alm)  “  BERIKAN APA YANG MEREKA BUTUHKAN  BUKAN APA YANG KITA PUNYA”.  Sederhana memang. Akan tetapi sesederhana itukah tuk mewujudkannya?

Selamat datang di BP Diksus Provinsi Jawa Tengah semoga sukses…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s