INFORMASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

PANDUAN STRUKTUR KURIKULUM
SMALB NEGERI CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Berdasarkan kepentingan menyiapkan lulusan SMALB Negeri Cilacap agar dapat menjadi anak dengan ciri khas yang berkarakter bangsa maka diadakan penyesuaian struktur kurikulum satuan Pendidikan Khusus Jenjang  Pendidikan Menengah pada SMALB Negeri CILACAP  yakni  sebagai berikut.

  1. Kurikulum untuk peserta didik berkelainan tanpa disertai dengan kemampuan intelektual di bawah rata-rata, menggunakan sebutan Kurikulum SMALB A, B, D, E (A = tunanetra, B = tunarungu, D = tunadaksa ringan, E = tunalaras).
  2. Kurikulum untuk peserta didik berkelainan yang disertai dengan kemampuan intelektual di bawah rata-rata, menggunakan sebutan Kurikulum SMALB C, C1, D1, G.  (C = tunagrahita ringan, C1 = tunagrahita sedang, D1 = tunadaksa sedang, G = tunaganda).
  3. Kurikulum satuan pendidikan SMALB A,B,D,E dirancang untuk peserta didik yang tidak memungkinkan dan/atau tidak berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi.
  4. Proporsi muatan isi kurikulum satuan pendidikan SMALB A,B,D,E  terdiri atas 40% – 50% aspek akademik dan 60% – 50% aspek keterampilan vokasional.
  5. Kurikulum satuan pendidikan SMALB C,C1,D1,G, dirancang sangat sederhana sesuai dengan batas-batas kemampuan peserta didik dan sifatnya lebih individual.
  6. Pembelajaran untuk satuan Pendidikan Khusus SMALB, C1,D1,G menggunakan pendekatan tematik.
  7. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran umum SMALB A,B,D,E mengacu kepada SK dan KD sekolah khusus bagi peserta didik yang  dikembangkan oleh BSNP.
  8. Pengembangan SK dan KD untuk semua mata pelajaran pada SMALB C,C1,D1,G dilaksanakan oleh  SMALB Negeri Cilacap sebagai satuan Pendidikan Khusus dengan memperhatikan tingkat dan jenis satuan pendidikan.
  9. Sedangkan SK dan KD untuk mata pelajaran Program Khusus, dan Keterampilan dikembangkan oleh Puskur Depdikbud bagian SMALB A,B,D,E .
  10. Struktur kurikulum pada satuan Pendidikan Khusus jenjang SMALB, program khusus bersifat kasuistik/fakultatif  sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik tertentu, dan tidak dihitung sebagai beban belajar.
  11. Program Khusus sesuai jenis kelainan peserta didik meliputi sebagai berikut.
    1. Orientasi dan Mobilitas untuk peserta didik Tunanetra
    2. Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama untuk peserta didik Tunarungu
    3. Bina Diri untuk peserta didik Tunagrahita Ringan dan Sedang
    4. Bina Gerak untuk peserta didik Tunadaksa Ringan
    5. Bina Pribadi dan Sosial untuk peserta didik Tunalaras
    6. Bina Diri dan Bina Gerak untuk peserta didik Tunadaksa Sedang, dan Tunaganda.
  12. Jumlah dan alokasi waktu jam pembelajaran diatur sebagai berikut.
    1. Jumlah jam pembelajaran SMALB A,B,D,E kelas X, XI, XII aslinya  adalah 36 jam/minggu, dan
    2. Alokasi waktu Program khusus pada jenjang SMALB bersifat fakultatif dan tidak termasuk beban pembelajaran
    3. Alokasi per jam pembelajaran untuk SMALB A, B, D, E maupun C,C1,D1,G masing-masing 40’. Selisih 5 menit dari sekolah reguler disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkelainan.
    4.  SMALB  N Cilacap  menambah  4 jam pembelajaran/minggu untuk memberikan peluang pembinaan karakter budaya bangsa kepada peserta didik  sehingga jumlah jam pembelajaran dalan 1 minggu 40 jam pelajaran.

13. Muatan isi pada setiap mata pelajaran diatur sebagai berikut .

  1. Muatan isi setiap mata pelajaran pada SMALB A,B,D,E bidang akademik mengalami modifikasi dan penyesuaian dari SMA umum sehingga menjadi sekitar 60% bidang akademik, dan sekitar 40%  bidang keterampilan vokasional
  2. Muatan kurikulum SMALB C,C1,D1,G lebih ditekankan pada kemampuan menolong diri sendiri dan keterampilan sederhana yang memungkinkan untuk menunjang kemandirian peserta didik. Oleh karena itu, proporsi muatan keterampilan vokasional lebih diutamakan.
  3. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.
  • Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.
  • Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
  • Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
  • Pengembangan diri terutama ditujukan untuk peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.

STRUKTUR PROGRAM
KURIKULUM SMALB NEGERI CILACAP
TAHUN 2012/2013

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

X

XI

XII

A.          Mata Pelajaran

 

 

 

1.   Pendidikan Ag

3

3

3

2.   Pendidikan Kewarganegaraan

                       3

3

3

3.   Bahasa Indonesia

                       2

2

2

4.   Bahasa Inggris

                      3

3

3

5.   Matematika

                      3

3

3

6.   Ilmu Pengetahuan Sosial

                      2

2

2

7.   Ilmu Pengetahuan Alam

                      2

2

2

8.   Seni Budaya

                     2

2

2

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

                     2

2

2

10. Keterampilan Vokasional /Teknologi Informasi dan Komunikasi *)

                   16

16

16

B.   Muatan Lokal

                     2

2

2

C.   Program Khusus Bina Komunikasi,  Persepsi Bunyidan Irama

                     –

D.   Pengembangan Diri

                2**)

2**)

2**)

Jumlah

                 40

40

40

*)   Keterampilan vokasional/teknologi informasi dan komunikasi merupakan paket pilihan.

Jenis keterampilan vokasional/teknologi informasi yang dikembangkan, sbb :

1. Paket A keterampilan Kerumahtanggaan meliputi :

  • Keterampilan Tataboga
  • Keterampilan Tatabusana
  • Keterampilan Tatakecantikan

2. Paket B  keterampilan  Rekayasa meliputi :

  • Keterampilan Kerajinan
  • Keterampilan Pertukangan Kayu
  • Keterampilan Pertukangan Batu

3. Paket C keterampilan  Perbengkelan  meliputi :

  • Keterampilan Otomotif
  • Keterampilan Bengkel
  • Keterampilan Las

2**)  Kegiatan pengembangan diri Ekuivalen 2 jam pembelajaran

Demikian struktur kurikulum SMALB N Cilacap tahun 2012/2013

Cilacap,    Juni  2012
Kepala sekolah,

YUSWAN,S.Pd

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s